Kamis, 07 Oktober 2010

Contoh Penelitian Tindakan Sekolah

JUDUL :      UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN   MELALUI MGMP MATA  PELAJARAN    DI SMP NEGERI ............................................................
A. Latar Belakang Masalah
Pada umumnya    sekolah  jarang   melakukan   Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) lokal. Hal ini tentu berpengaruh terhadap keterampilan atau kemampuan para guru. SMP Negeri .........................sebagai sekolah yang terletak di pingiran kota kabupaten juga tidak melakukan MGMP Mata Pelajaran.
Disisi lain guru dituntut untuk mampu menguasai kurikulum, menguasai materi, metode, dan pengelolaan kelas sedemikian rupa sehingga pembelajaran berlangsung secara aktif, inovatif, dan menyenangkan. Namun demikian, menurut pengamatan penulis, sebagian besar guru di SMP Negeri ...............................belum bisa menjelaskan konsep pembelajaran dengan baik.  Siswa hanya duduk diam tanpa adanya aktifitas kerja sama dalam pembelajaran. Raut wajah siswa pun menunjukkan ekspresi kurang senang, lemas, tidak bersemangat, dan cenderung mengantuk. Ini juga sebagai indikasi bahwa guru dalam pembelajaran kurang dapat menyenangkan siswa. Hasil pembelajaran juga munjukkan nilai yang rendah. Dan bahkan sebagian besar siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Guru juga tidak berusaha mengkaitkan materi pelajaran dengan  peristiwa yang berada disekitar sekolah sehingga siswa akan sulit pula memahami materi pelajaran. Sarana pembelajaran yang tersedia pun kurang memadai sehingga guru kurang dapat berkreasi.
Bedasarkan latar belakang tersebut maka penulis tertarik untuk mengadakan Penelitian Tindakan Sekolah dengan judul “ Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran  melalui MGMP Mata Pelajaran di SMP Negeri .........................................Tahun 2010“.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan pengamatan penulis, di SMP Negeri ...............................terdapat beberapa kendala pada pembelajaran selama ini antara lain :
  1. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep.
  2. Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.
  3. Siswa belum terbiasa untuk bekerja sama dengan temannya dalam belajar.
  4. Guru kurang mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari.
  5. Hasil  pembelajaran rendah.
  6. KKM tidak tercapai.
  7. Pembelajaran tidak menyenangkan bagi siswa.
  8. Sarana pembelajaran kurang memadai.
  9. Input siswa rendah

C. Pembatasan Masalah
            Dari beberapa masalah yang berhasil penulis identifikasi tidak mungkin dapat diteliti secara menyeluruh. Keterbatasan waktu dan pengetahuan penulis membuat  masalah tidak akan semuanya diteliti. Adapun masalah yang akan di carikan penyelesainya hanyalah yang berkaitan dengan peran guru yang lemah yang kemungkinan besar disebabkan oleh tidak adanya MGMP Mata Pelajaran.

D. Rumusan Masalah
            Dari batasan masalah yang telah kami tentukan dapat  dirumuskan masalah sebagai berikut : “ Sejauhmana MGMP Mata Pelajaran  di SMP Negeri ................................. dapat meningkatkan Mutu Pembelajaran ?”
E. Pemecahan Masalah
Penelitian Tindakan Sekolah ini dilaksanakan dengan mengadakan MGMP Mata Pelajaran di tingkat sekolah.
F. Tujuan Penelitian
            Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauhmana MGMP Mata Pelajaran  di SMP Negeri ........................Kabupaten ................... dapat meningkatkan Mutu Pembelajaran.

G. Manfaat Penelitian
a. Manfaat bagi siswa :
  1. Memperoleh pengalaman belajar yang lebih menarik.
  2. Meningkatkan aktivitas siswa di dalam belajar.
  3. Meningkatkan penguasaan konsep.
  4. Menumbuhkan keberanian mengemukakan pendapat dalam kelompok/ membiasakan bekerja sama dengan teman
b. Manfaat bagi guru:
  1. Memperoleh alternatif baru yang dapat diterapkan guru dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
  2. Memperoleh alternatif baru yang dapat diterapkan guru untuk peningkatan mutu pembelajaran.
c. Manfaat bagi sekolah :
  1. Meningkatkan prestasi sekolah dalam bidang akademis.
  2. Meningkatkan kinerja sekolah melalui peningkatan profesionalisme guru.
H. Kajian Teori

                 Naskah Lengkapnya Hubungi   Bpk. Sokirin,


Tidak ada komentar: